Pages

Sabtu, 23 Mei 2015

Jenis-jenis Film Berdasarkan Kepribadian

                  "Jika tulisan ini memunculkan banyak kekeliruan yang meyesatkan cukup 
                    kucek-kucek mata anda tiga kali, kemudian tekan alt+f4…"

Jadi, beberapa hari yang lalu saya gak sengaja nemu dan baca buku tentang personality/kepribadian. Ditulisakan ada beberapa macam kpribadian menurut para ahli. Tapi yang menjadi tolak ukur kpribadian yang saya gunakan karena umum dan orang lebih banyak menggunakannya adalah keribadian menurut Florence Littaure di dalam buku Personality Plus, beliau membagi  4 tipe kepribadian yaitu Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis.
Dan ternyata perbedaan kepribadian berbanding lurus dengan perbedaan genre film yang masing-masing mereka sukai. Cekidot…
  1.  Sanguinis   
    Secara garis besar orang bertipe sanguinis adalah orang yang sangat suka sekali berbicara. Kita akan mudah mengatahui dari gaya bicaranya yang spontan sambil berfikir, kadang suka menyela pembicaraan, antusias, hangat,  mudah akrab dengan orang lain meskipun baru kenal, suka pemer dan ingin selalu menjadi pusat perhatian.  Coba perhatikan orang-orang disekitramu yang bertipe sanguinis, konon tipe ini paling banyak populasinya di bumi.
                Karena tipe sanguinis yang tidak sabaran mereka menjadi anti dengan film dengan alur lambat atau santai, mereka lebih suka memilih film yang lagi tren atau film yang diomongin oleh banyak orang. Genre paforit para sanguinis pada umunya adalah film action yang “ramai” dan film komedi yang  tokohnya menggambarkan kepribadian mereka yang antusias, liar dan suka bicara.
  2.  Koleris
         Jika sanguinis suka bicara, maka tipe koleris adalah seorang pekerja keras yang “suka memberi printah”. Meski begitu tipe sanguinis dan koleris berasal dari satu nenek moyang yang sama yaitu “ekstrovert”. Ciri khas tipe koleris yaitu mereka orang yang optimis, pekerja keras, aktif dan selalu menginginkan perubahan, bahkan mereka tidak segan menggunakan cara tidak baik untuk meraih kemenangan. Sangat anti dengan malas-malasan, mereka selalu ingin lebih unggul diantara teman-temannya. Meskipun mereka terlihat sombong, keras kepala dan sulit mengucapkan kata maaf dan sulit menerima kenapa orang lain tak bisa menyesuaikan diri dengannya , uniknya meskipun terlihat otoriter dan killer, mereka mampu memanipulasi banyak orang untuk tunduk dibawah kendalinya.
         Sebagian besar tipe koleris bukannya para pencinta film, bagi mereka menonton film tidak lebih hanya sekedar hiburan semata dari penatnya aktifitas mereka. Film paforit mereka tidak jauh dari film-film box office yang sedang booming atau film bertema masa depan atau film yang mengguanakan teknologi canggih.

  3. Melankolis
         Seorang yang bertipe melankolis lebih dikenal dengan cirri khas mereka yaitu perfeksionis. Melankolis cenderung lebih mudah sedih dan depresi, suka dengan hal yang bebau artistic dan puitis. Mereka orang yang mendalam, dan penuh pikiran. Mereka tipikal yang serius, analitis dan tekun. Biasanya mereka punya suatu bakat yang sangat ditekuni hingga mereka dijuluki si jenius dan kreatif.  Bukan tipe orang yang mudah bergaul, namun jika menemukan teman yang cocok mereka akan setia (punya sedikit teman namun sangat terikat). Karena suka banyak menuntut, tipe ini sering sakit hati, selain itu suka menunda sesuatu karena terlalu banyak perhitungan dan takut tak melakukannya dengan benar.
         Mereka punya perasaan halus dan mudah berempati, hal itu juga yang mendorong mereka menyukai film yang mudah mengikat emosi mereka. Kebanyakan para kritikus film professional adalah orang dengan tipe melankolis, karena dengan ketelitian dan perfeksionis mereka yang membuat mereka gemar menilai suatu film dari a-z.  secara umum mereka suka film berat dan anti dengan film action yang asal-asalan bag big bug, suka film drama yang menyetuh atau horror thriller yang memberikan ketegangan dan genre documenter yang berisi informasi dan ilmu.  Tidak sedikit dari mereka penggemar fanatik suatu judul film bahkan sutradara.

  4. Plegmatis
    Tipe plegmatis bisa dibilang tipe minoritas sama halnya dengan melankolis karena berasal dari nenek moyang yang sama yaitu “Introvert”. Secara umum orang plegmatis adalah pencinta ketenangan, oleh sebab itu mereka sering menghindari konflik. Dingin dan sombong adalah kesan pertama yang muncul ketika bertemu dengan sosok plegmatis karena susahnya mereka untuk senyum tentu dengan wajah khas “poker face” mereka. Kebanyaka mereka adalah orang pendiam, tenang, dan sabar. Mereka sososk yang tidak suka menyinggun perasaan orang lain, penuh belas kasih pendengar yang baik. Jika butuh teman curhat si plegmatis adalah sosok yang tepat. Buruknya mereka sulit melakukan perubahan karena sifat malasnya. Mereka butuh seorang motivatr yang mampu menyemangatinya. Hidup mereka terkesan monotn karena tak suka mencoba hal baru, terlebih mereka suka memendamkan keinginan mereka daripada mengekspresikannya.
    Karena sifat Plegmatis yang pertengahan dan seimbang, lebih suka mendengrakan/ memperhatikan daripada berbicara menjadikan mereka penikmat semua genre film selama ceritanya bagus. Special dengan genre mereka adalah film yang memberi inspirasi, motivasi dan pesan moral,  selain itu film sejarah atau biograpi tokoh tak luput dari perhatian mereka.

    "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (Q.S Al-Hujuraat ayat 13)
         






0 komentar:

Posting Komentar